Rabu, 24 November 2010

Pelajaran Reproduksi nih..

ORGAN REPRODUKSI MANUSIA
:)      Laki-laki : testis, scrotum, penis, glans, preputium, uretra, kel.prostat, kel.semen, vas deferens, epididimis

:)      Perempuan : vulva, labia mayor & minor, clitoris, vagina, mulut rahim, rahim, saluran telur, indung telur

PUBERTAS
Ò  Pubertas : seseorang mengalami perubahan struktur tubuh dari anak-anak ke dewasa.
Ò  Ditandai dengan kematangan organ2 reproduksi, primer (produksi sel telur, sperma) dan sekunder (payudara, kumis, rambut kemaluan)
A. Apa Menstruasi Itu ?
Haid/menstruasi/datang bulan adalah peristiwa pengeluaran darah dari vagina setiap bulan yang berlangsung selama 3 – 7 hari. Jarak antara satu haid dengan haid berikutnya disebut satu siklus haid, yang berlangsung lebih kurang 30 hari (antara 28 – 32 hari).

B. Kapan Menstruasi terjadi?
  
 Menstruasi biasa terjadi pertama kali sejak usia 12-13 tahun. Menstruasi berlangsung kira-kira sekali sebulan sampai wanita mencapai usia 45 - 50 tahun. Panjang rata-rata daur menstruasi adalah 28 hari, namun berkisar antara 21 hingga 40 hari.
Panjang daur dapat bervariasi pada satu wanita selama saat-saat yang berbeda dalam hidupnya, dan bahkan dari bulan ke bulan tergantung pada berbagai hal, termasuk kesehatan fisik, emosi, dan nutrisi wanita tersebut.

C. Gejala Yang Timbul Selama Menstruasi
Selama menstruasi maupun sebelum atau sesudahnya wanita akan mengalami masalah seperti sakit kepala, pengumpulan cairan, ketegangan payudara, mudah marah, keresahan, sakit tulang belakang, kesakitan dan kekejangan pada bahagian abdomen atau perut serta tekanan perasaan.
Rasa tidak nyaman ini terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh wanita, namun hal ini adalah keadaan normal dan tidak membahayakan selama gejala tersebut tidak mengganggu maupun menghalangi aktivitas sehari-hari.

D. Dismenore

  Dismenorea adalah gangguan menstruasi berupa nyeri pada perut yang diderita saat menstruasi dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.
Gejala dismenore yang paling umum adalah nyeri mirip kram di bagan bawah perut menyebar ke punggung dan kaki. Gejala terkait lainnya adalah: muntah, sakit kepala, cemas, kelelahan, diare, pusing, rasa kembung atau perut terasa penuh.

Penyebab Dismenore
1.   Faktor Kejiwaan
Pada gadis yang secara emosional tidak stabil mudah timbul dismenore, apalagi jika mereka tidak mendapat penerangan yang baik tentang proses haid.
2.  Endometriosis
Suatu kondisi yang sangat nyeri ketika jaringan rahim tumbuh di luar rahim.
3.    Adanya tumor dalam rongga rahim.
4.    Penyakit-penyakit tubuh lain seperti Tuberkulosa, kurang darah (anemia).


Upaya yang dapat dilakukan sebagai penanganan dismenore antara lain :
1.  Pola hidup sehat
2.  Pemberian obat analgetik

Selain cara di atas, ada beberapa cara pengobatan yang biasa dilakukan untuk menghilangkan atau membantu mengurangi nyeri haid yang mengganggu yaitu :

1. Saat nyeri datang, mengkompres dengan menggunakan air hangat di daerah perut bagian bawah.
2. Meningkatkan taraf kesehatan untuk mengurangi sensitivikasi terhadap nyeri, misalnya dengan olah raga secara teratur  atau sediakan waktu untuk istirahat agar tubuh tidak terlalu rentan terhadap nyeri.
3. Apabila nyeri cukup mengganggu aktivitas atau jika nyeri muncul saat usia dewasa dan sebelumnya tidak pernah merasaknnya, maka harus pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar